Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2023 Bangkitkan Kesadaran Pajak Lewat Sosialisasi "Pajak dan Berpijak" - Comedy and Indie

Minggu, 12 Februari 2023

Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2023 Bangkitkan Kesadaran Pajak Lewat Sosialisasi "Pajak dan Berpijak"

 


Loetju.idHarjosari Lor, Adiwerna, (12/2/2023) - Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara dan berkontribusi besar dalam APBN. Oleh karna itu, pajak dikatakan bersifat wajib bagi semua Wajib Pajak, baik itu Wajib Pajak orang pribadi maupun Wajib Pajak badan. 

Pajak yang disetorkan nantinya akan dialokasikan untuk pembiayaan fasilitas umum seperti  kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pelayanan publik lainnya. Pembayaran pajak akan membantu terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Namun, meskipun dikatakan wajib belum semua orang Indonesia melaksanakan kewajiban perpajakannya. Ketidakpercayaan dan ketidaktahuan adalah faktor utama yang menyebabkan hal itu terjadi. 

Oleh karna itu, Mega Enivani Br P.(21) selaku bagian dari KKN TIM I UNDIP mengadakan sosialisasi dengan tajuk, "Pajak dan Berpijak" di Desa Harjosari Lor guna membangkitkan kesadaran masyarakat tentang pajak terkhusus bagi pelaku UMKM di Desa Harjosari Lor. Lewat sosialisasi tersebut Mega memberikan pemahaman perpajakan dari fungsi pajak hingga perhitungan dan tata cara pelaporan pajaknya. 


Masyarakat Harjosari Lor yang hadir dalam sosialisasi tersebut diajak untuk tidak takut pada pajak karna tarif yang dikenakan untuk wajib pajak akan selalu disesuaikan dengan penghasilan yang mereka dapat. Sudah seharusnya pajak bukan untuk ditakuti tapi untuk disegani. 

Melalui sosialiasi ini juga, Mega mengambil kesempatan untuk membantu mendaftarkan NPWP bagi masyarakat yang belum punya dan memang bersedia untuk di daftarkan NPWP-nya. 

NPWP sangat penting karna ini akan menjadi tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Besar harapan setelah sosialisasi ini diadakan masyarakat di Desa Harjosari Lor akan lebih peduli tentang pajak.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..