Ibu-ibu PKK di Desa Pebatan Brebes, Dapat Pelatihan Pembuatan Onigiri dari Mahasiswi KKN UNDIP - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Ibu-ibu PKK di Desa Pebatan Brebes, Dapat Pelatihan Pembuatan Onigiri dari Mahasiswi KKN UNDIP

 


Loetju.id - Pebatan, Brebes (4/2). Ibu-ibu PKK di Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, mendapatkan pelatihan pembuatan onigiri oleh mahasiswi KKN UNDIP, Aliyya Keumala Hayati Karebet, dengan memanfaatkan bawang merah yang merupakan produk unggulan di desa ini.

Onigiri adalah makanan tradisional Jepang berupa nasi yang dikepal dan dibungkus oleh nori atau rumput laut. Nasi kepal ini biasanya berisi acar plum, tuna dan mayonais, dan salmon. 

Onigiri biasanya dikepal membentuk segitiga atau bulat sesuai dengan selera pembuatnya. Bentuknya yang unik dan ukurannya yang mudah untuk dimakan secara langsung tanpa menggunakan alat makan membuat makanan ini cepat menyebar ke negara luar, termasuk Indonesia. 

Hal itu menyebabkan banyaknya inovasi onigiri dari berbagai negara karena bahan utamanya, yaitu nasi, yang bisa dipadukan dan dimasak seperti apa pun.

Pelatihan pembuatan onigiri dengan bawang merah ini merupakan inovasi dari produk-produk onigiri yang sudah ada karena bawang merah sendiri jarang digunakan sebagai bahan pelengkap masakan di Jepang.

Pelatihan ini dimulai dengan memperkenalkan onigiri kepada ibu-ibu PKK, kemudian melakukan praktek pembuatannya. Adapun langkah-langkah pembuatannya, yaitu, pertama campurkan bawang goreng ke dalam nasi untuk taburannya. 


Pastikan nasi yang digunakan masih hangat agar mudah dibentuk. Ambil nasi yang telah dicampur dengan bawang goreng tadi, kemudian kepal nasi hingga membentuk segitiga atau bulat, sesuai selera. Kemudian bungkus onigiri dengan rumput laut.

Pelaksanaan program “Onigiri sebagai Alternatif Pangan” ini disambut antusias oleh ibu-ibu PKK. Sesuai namanya, program ini diharapkan dapat menjadi kreasi makanan agar tidak bosan dengan tampilan makanan yang biasanya dan bisa menjadi alternatif untuk UMKM di bidang makanan.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..