Dalam Rangka Penyampaian Profil Wilayah Secara Lebih Sederhana, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Membuat Infografis Profil Wilayah Desa - Comedy and Indie

Senin, 06 Februari 2023

Dalam Rangka Penyampaian Profil Wilayah Secara Lebih Sederhana, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Membuat Infografis Profil Wilayah Desa


Loetju.id - Klaten 06/02/2023. Profil wilayah merupakan gambaran menyeluruh mengenai karakter atau kondisi suatu wilayah. Dalam hal ini, lingkup wilayah yang dimaksud yaitu Desa. Dalam pengembangan desa, profil wilayah desa sangat penting untuk menunjang pembangunan desa, yang berfungsi sebagai data dasar dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Profil wilayah yang dibuat dituangkan dalam bentuk yang lebih sederhana dan informatif melalui infografis. Infografis sendiri merupakan representasi informasi atau data secara grafis yang di dalamnya memperlihatkan informasi secara singkat dan jelas. Infografis berisi gabungan teks dan visualisasi grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi, yang mana biasanya berupa data angka.

Penyajian data dalam infografis dapat ditampilkan melalui peta, diagram, maupun gambar yang kemudian dirangkai atau digabungkan menjadi satu kesatuan secara rapi dan terstruktur, sehingga menghasilkan informasi yang informatif dan mudah untuk dipahami.

Dalam hal ini untuk memudahkan penyampaian profil desa serta dalam rangka mendukung dan memperlancar pembangunan desa, maka mahasiswa KKN Undip Tim 1 2022 membuat Infografis Profil Wilayah Desa Bakungan. 


Infografis profil wilayah desa tersebut dapat bermanfaat sebagai media penyampaian data guna mempermudah proses perencanaan pembangunan desa sehingga harapannya program-program pembangunan yang dibuat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Infografis profil wilayah desa bakungan berisi mengenai data kondisi geografis, kependudukan, sarana umum, dan potensi wilayah. Berdasarkan kondisi geografisnya, Desa Bakungan memiliki luas sebesar 142,60 Hektar dengan jenis topografi dataran rendah serta memiliki ketinggian 32 mdpl. Kemudian Curah hujan pertahun Desa Bakungan sebesar 135 mm/th dan suhu udara rata-rata 23-32 °C. Secara administrasi Desa Bakungan terdiri dari 6 Dukuh.RW. dan 10 RT.

Total jumlah penduduk Desa Bakungan sebanyak 2.043 Jiwa dengan kepadatan penduduk
sebesar 14,32 Jiwa/Ha. Sebagian besar wilayah Desa Bakungan didominasi oleh kawasan
pertanian dengan jenis penggunaan lahan sawah tanaman padi. Faktor tersebutlah yang
menjadikan sebagian besar masyarakat Desa Bakungan bekerja sebagai petani.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..