Belajar Daerah-daerah Unik di Yogyakarta Lewat Podcast Cerita Kampung Halaman bersama Yusril Fahriza dan Mukti Entut - Comedy and Indie

Selasa, 02 Juli 2024

Belajar Daerah-daerah Unik di Yogyakarta Lewat Podcast Cerita Kampung Halaman bersama Yusril Fahriza dan Mukti Entut

 


Loetju.id - Setelah kita membahas tentang podcast kebanggaan sobat kabupaten yaitu Podcast Mandhan Kenthir, kali ini kami akan sajikan info tentang podcast lain yang enggak kalah seru nan lucu bernama Podcast Cerita Kampung Halaman yang dibawakan oleh duo lemu Yusril Fahriza dan Mukti Entut El Mentronom.

Ceritanya Yusril sedang mencari warisan bapaknya yang terletak di sebuah daerah di Yogyakarta, oleh sang bapaknya ia hanya diberi sebuah clue yaitu daerah yang memiliki ciri khas "Toto Titi Tentrem". Dalam pencariannya Yusril dibantu oleh sang sahabat yaitu Mukti Entut El Metronom keduanya menyusuri daerah-daerah di Jogyakarta bertemu dengan tokoh di masing-masing daerah tersebut untuk menggali informasi yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat luar Jogja.

Sampai artikel ini ditulis tanggal 2 Juni 2024 sudah ada 12 episode bisa didengarkan secara gratis di aplikasi Noice dan Spotify. 

Hal yang membuat menarik dari Podcast Cerita Kampung Halaman ini adalah tektokan duo Yusril dan Mukti Entut yang chemistrynya sudah tidak diragukan lagi. Sobat penikmat channel youtube Jiroluger pasti sudah paham guyonan mereka berdua, kosakata ala-ala sista dari El Metronom dan gelak tawa renyah Yusril setiap Mukti membuat patahan puchline.

Guyonan ala Jogja bersama tokoh dan komedian Jogja membuat Podcast Cerita Kampung Halaman jadi sangat khas banget, banyak info-info dan urband legend yang belum pernah saya dengar dari daerah-daerah yang dikupas oleh mereka.

Berikut rangkuman episode Podcast Cerita Kampung Halaman dan bintang tamunya, nomor 12 sangat wow banget karena tamunya adalah sosok spesial asal jogja dari peradaban film  Apocalypto.


1. Episode 1 Podcast Cerita Kampung Halaman membahas Koragede yang merupakan daerah pencipta buku TPQ Iqro yaitu alm. bapak Kiai As'ad Humam yang legendaris itu.


2. Episode 1 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Alit Jabangbayi yang merupakan MC populer di Jogyakarta membahas tema Malioboro.



3. Episode 3 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu CIci Priskila yang merupakan penyiar radio populer di Jogyakarta yang pernah sepedaan di depan rumah mas Duta Sheila On 7 membahas tema Condongcatur.



4. Episode 4 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Gundhissos  membahas tema Janti.



5. Episode 5 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Fira Sasmita  membahas tema Jalan Damai.



6. Episode 6 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Danis dan Bernhad  membahas tema Kaliurang.



7. Episode 7 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Abraham Tino  membahas tema Babarsari.



8. Episode 8 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Sidiq Pencel  membahas tema Segoroyoso.



9. Episode 9 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu spesial aktor papan atas Benictivity  membahas tema Wates.



10. Episode 10 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Yosep  membahas tema Panggang.



11. Episode 11 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Galang Rambu  membahas tema Parantritis pantai wisata sejuta umat dan hal-hal yang belum terungkap tentang gempa Jogja 2006 dan suka duka yang dialami oleh Yusril dan Mukti.



12. Episode 12 Podcast Cerita Kampung Halaman bersama bintang tamu Gus Nasrul atau Binasrul yang merupakan pengendang grup musik papan atas Orkes Pensil Alis  membahas tema Pleret yang katanya adalah Kota Altantlis yang hilang.



Sebagai informasi Yusril Fahriza memiliki nama lengkap Yusril Ihza Fahriza, S.I.Kom. lahir pada 4 Juni tahun 1989 adalah aktor dan pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Yusril merupakan pelawak tunggal yang berbasis di komunitas Stand Up Indo Yogyakarta. Pernah menempuh pendidikan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta dan S-1 Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2007—2015).

Kariernya sebagai pelawak tunggal berawal pada tahun 2011, ketika ia ditawari oleh teman kuliahnya untuk mengikuti acara buka pelantang. Ia pun tergabung ke dalam komunitas Stand Up Indo Jogja dan sempat terpilih sebagai ketua komunitas.

Yusril pertama kali terjun ke dunia seni peran dengan memerankan tokoh Naryo dalam film garapan Ernest Prakasa, yakni Cek Toko Sebelah pada tahun 2016.

Sang partner Candra Mukti Wicaksono, juga dikenal sebagai Mukti Entut lahir pada tanggal 7 April tahun 1991 adalah seorang pelawak tunggal, presenter, dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Mukti adalah salah satu kontestan Stand Up Comedy Academy musim ketiga pada tahun 2017. Mukti tergabung ke dalam komunitas Stand Up Indo Yogyakarta sejak tahun 2012. El Metronom kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, S-1 Ilmu Perpustakaan.

Karier Mukti sebagai pelawak tunggal diawali dari mencoba tampil pada acara buka pelantang di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2012. Setelah penampilan perdananya berhasil memecahkan tawa, Mukti akhirnya bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Yogyakarta. Sering mengisi acara komunitas sebagai pelawak tunggal ataupun pembawa acara, nama Mukti mulai mencuri perhatian. 

Mukti pertama kali tampil di televisi nasional dalam acara Stand Up Comedy Show pada tahun 2014. Mukti juga mengikuti beberapa kompetisi nasional, seperti Street Comedy Indonesia sebagai perwakilan regional Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta Stand Up Comedy Academy musim ketiga di mana ia tergabung ke dalam tim pelawak tunggal Gilang Bhaskara.  Penampilan Mukti di ajang tersebut terhenti di babak sebelas besar, Mukti merupakan vokalis dari grup musik humor yang bernama Orkes Pensil Alis bersama Hifdzi Khoir dan Binasrul.


Demikian tadi sobat Loetju postingan kita kali ini tentang Belajar Daerah-daerah Unik di Yogyakarta Lewat Podcast Cerita Kampung Halaman bersama Yusril Fahriza dan Mukti Entut, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Nandar


===
Baca juga:

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..