SOLOPEDULI-BPKH Terus Berkolaborasi Salurkan Logistik Makanan hingga Keceriaan untuk Lumajang - Comedy and Indie

Selasa, 11 Juli 2023

SOLOPEDULI-BPKH Terus Berkolaborasi Salurkan Logistik Makanan hingga Keceriaan untuk Lumajang

 


Loetju.idLUMAJANG - SOLOPEDULI-BPKH kembali menyalurkan bantuan di lokasi kedua untuk masyarakat yang terdampak banjir dan longsor di Lumajang, Jawa Timur, pada Senin (10/07/2023). Kali ini penyaluran dilakukan di Pos Pengungsian Balai Desa Nguter, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, SOLOPEDULI-BPKH menyerahkan bantuan berupa logistik makanan, 150 pcs abon.

Maskur, selaku Kepala Urusan Keuangan Desa Nguter mengucapkan terima kasih untuk SOLOPEDULI-BPKH yang sudah jauh-jauh datang dari Solo untuk membantu kita. “Terima kasih SOLOPEDULI dan BPKH. Logistik makanan ini kami terima dan semoga dapat bermanfaat untuk warga kami dan menjadi amal kebaikan untuk para donatur. Saya mewakili warga Desa Nguter berterima kasih dan sangat senang,” ucap Maskur.

Di Pos Pengungsian Balai Desa Nguter, terdapat 181 pengungsi yang terdiri dari 26 lansia, 108 dewasa, 1 remaja, 21 anak-anak, 11 balita dan 1 bayi dan kondisi pengungsi dalam keadaan sehat. Disampaikan juga oleh Kepala Urusan Keuangan Desa Nguter, saat ini kebutuhan masyarakat yang mendesak adalah diapers anak dan balita, perlengkapan mandi, dan juga relawan untuk membantu membersihkan rumah-rumah warga.

Nanang, selaku Tim SIGAB Solo Peduli berhasil mengajak berbincang penerima manfaat yang merupakan pengungsi di Pos Pengungsian Desa Nguter, yaitu Subur (60) dan Suwarni (55) yang beralamatkan di Dusun Kedungwringin RT.3 RW.10, Nguter, Pasirian, Lumajang. Mereka bercerita tentang kondisi sebelum terjadi banjir bandang lahar dingin. 

“Sebelumnya itu, karena hujan terus menerus lalu air sungai mulai naik. Kejadiannya sore Mas jam setengah 3 itu, air sudah deres banget terus tiba tiba naik cepet dan masuk ke pekarangan warga, itu Mas kalau tidak ada masjid yang menghalangi laju air pasti ada yang hanyut kebawa air. Alhamdulillah masih ada masjid yang memecah arusnya, sehingga warga bisa menyelamatkan diri. Kami berangkat mengungsi ke sini ya tidak bawa apa-apa, pasir yang bekas banjir di rumah kami itu sekarang sudah tingginya 50 cm, sudah dua hari ini membersihkan masih belum selesai, karena banyak dan keras sekali.” kata Subur dan Suwarni saling bersautan.

 
Dok. Tim Sigab Solopeduli berbincang dengan warga Desa Nguter yang terkena dampak banjir

Tidak hanya mengirim bantuan logistik, Tim Solo Peduli juga menguatkan mental anak-anak di pengungsian dengan sedikit menghibur, hal ini merupakan salah satu tindakan psikososial. Fajriel dan Azka, yang ditemui Tim Solo Peduli menceritakan bahwa mereka ikut sedih karena sekolah mereka rusak dan terkena banjir. Akbar, salah satu Relawan Sigab Solo Peduli mengajak Fajriel dan Azka bermain bersama dan kembali membuat mereka tersenyum.
 
Dok. Keceriaan kembali anak-anak di pengungsian bersama Tim Solo Peduli
Tim Solo Peduli juga memantau kondisi kerusakan yang terjadi di gedung-gedung sekolahan dan rumah-rumah warga Desa Nguter. Timbunan pasir lahar dingin yang ditimbulkan karena lahar dingin yang dibawa hujan deras terus menerus mengakibatkan sekolah POS PAUD Melati 1 dan halaman SDN Nguter 05 teruruk pasir dan masih terbengkalai karena belum dibersihkan. Sejumlah buku-buku penunjang kegiatan belajar mengajar juga ikut rusak. 

Rumah-rumah warga terlihat rusak dan ambruk, perabotan seperti kursi, meja, pintu bahkan tempat tidur juga ikut rusak karena banjir. Banyak dari rumah-rumah warga yang masih tertimbun pasir dan susah untuk dibersihkan karena tebalnya material pasir yang keras dengan ketinggian hingga 50 cm.

Kondisi memprihatinkan ini membuat kita ikut merasakan susah dan sedihnya para korban bencana Lumajang. Mari, bersama-sama berdoa dan mengulurkan bantuan kepada saudara-saudara kita yang berada di sana. Untuk membantu mereka pulih dan dapat menjalani kehidupan seperti semula lagi. Kebaikan sekecil apapun akan berarti jika dilakukan dengan keikhlasan hati.  


Foto: Dok. Penyerahan bantuan SOLOPEDULI-BPKH langsung kepada Maskur (Kepala Urusan Keuangan) Desa Nguter, Candipuro, Lumajang pada Senin (10/07/2023)

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..