Atasi Permasalahan Sampah, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Pengadaan Tempat Sampah di SDN Harjosari Kidul 01 - Comedy and Indie

Jumat, 10 Februari 2023

Atasi Permasalahan Sampah, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Pengadaan Tempat Sampah di SDN Harjosari Kidul 01

 


Loetju.idKabupaten Tegal (07/02/2023) – Program monodisiplin “Pengadaan Tempat sampah organik dan anorganik di SDN Harjosari Kidul” yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2023, Krisnawati Dewi (Manajemen dan Administrasi Logistik) dengan dua kegiatan, yaitu sosialisasi dan penyerahan tempat sampah organik dan anorganik  yang dilakukan pada Minggu (25/01/2023) di SDN Harjosari Kidul 01.

Pelaksanaan sosialisasi dan  pengadaan tempat sampah organik dan anorganik dilaksanakan di SDN Harjosari Kidul 01, Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. 

Sosialisasi dihadiri oleh siawa-siswi SDN Harjosari Kidul 01 dan penyerahan tempat sampah organik dan anorganik dilakukan bersama Ibu Sri Suryanti, selaku kepala sekolah SDN Harjosari Kidul 01.


Program kerja tersebut dilatarbelakangi oleh belum adanya tempat sampah organik dan anorganik, dan juga kurangnya sosialisasi tentang membuang sampah sesuai dengan jenisnya. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka menimbulkan masalah lingkungan yang serius.

Kegiatan pengadaan tempat sampah dimulai dari tahapan pengecatan tong cat bekas untuk menjadi tempat sampah, pemilokan nama sesuai dengan jenis sampah, serta terdapat sosialisasai ke siswa-siswi SDN Harjosari Kidul 01 mengenai konsep dasar sampah, jenis sampah, dan manfaat memilah sampah.
 
Ibu Sri Suryanti mengatakan bahwa, “dari sosialisasi kemarin kelihatan sangat positif sekali, kesadaran siswa siswi SDN Harjosari Kidul 01 yang saya lihat sekarang halaman sekolah sudah ada peningkatan sudah tidak ada sampah lagi. Kalau pada waktu kemarin-kemarin sebelum adanya sosialisasi, pendidikan karakter, dan sebelum adanya tempat sampah organik dan anorganik yang disediakan anak-anak, kalau habis jajan itu langsung lempar sembarangan dan begitu pula ada sampah pun mereka cuek sehingga halaman ini jadi kotor, di mana-mana ada sampah.”


Pelaksanaan program tersebut bertujuan agar lebih menambah wawasan dan kesadaran siswa siswi dalam membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenisnya.

Sampah masih menjadi masalah yang krusial sampai saat ini. Menurut SIPSN Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan timbunan sampah di indonesia mencapai 18.259.210,61 ton/tahun. Masih banyak orang tidak lepas dari sampah. Namun, tanpa disadari penggunaan yang terus menerus semakin meningkatkan sampah di lingkungan hidup.

“Saya telah belajar dari kak Krisna, yaitu untuk membuang sampah pada tempatnya dan walaupun itu bukan sampah kita harus mengambil dan membuang sampah tersebut. Semenjak kak Krisna memberi sosialisasi saya menjadi selalu membuang sampah pada tempatnya” Ujar Nazara Sabila, siswi kelas 5 yang mengikuti sosialisasi pentingnya memilah sampah.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..