Tingkatkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Memperkenalkan Konstruksi Rumah Tinggal Sederhana Melalui Stik Kayu Bekas Sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan - Comedy and Indie

Selasa, 14 Februari 2023

Tingkatkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Memperkenalkan Konstruksi Rumah Tinggal Sederhana Melalui Stik Kayu Bekas Sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan

 


Loetju.idBrebes – Jawa Tengah (18/1). KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 memperkenalkan metode pembelajaran kreatif melalui pembuatan miniatur rumah dari stik kayu. Kegiatan dilakukan di 2 (dua) sekolah dasar yang berada di Desa Sigambir, yaitu SD Negeri 1 Sigambir dan SD Negeri 2 Sigambir, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Kegiatan pembelajaran di sekolah seharusnya tidak hanya pemaparan materi saja, namun juga diperlukan pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas siswa. Namun, pada kenyataannya di sekolah dasar Desa Sigambir, masih jarang dilakukan metode pembelajaran yang dapat mengasah krenova (kreatif dan inovasi) siswa. Untuk itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa, namun dikemas secara menyenangkan.


Metode pembelajaran ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari kegiatan belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat lebih tertarik dan bersemangat dalam menerima materi pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengenalan konstruksi rumah tinggal sederhana yang sering dijumpai anak-anak dengan memanfaatkan stik kayu bekas.

Harapannya, melalui metode pembelajaran kreatif ini dapat memacu para guru untuk terus berinovasi dalam membuat media belajar yang menyenangkan dan tepat sasaran. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat melatih kreativitas dan sikap apresiatif terhadap perbedaan gagasan dalam teknik berkarya melalui barang bekas.

Pelaksanaan kegiatan mendapat apresiasi yang baik dari pihak kepala sekolah dan guru-guru setempat. “Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini, anak-anak juga lebih antusias jika diberi pembelajaran yang praktik seperti pembuatan prakarya. Apalagi miniatur rumah sudah ada lombanya, semoga bisa menjadi awal yang baik bagi siswa”, tutur kepala sekolah SD Negeri 2 Sigambir, Drs. Slamet Kusnadi (53).

Proses pembelajaran dilakukan dalam 2 sesi, yaitu sesi pemaparan materi dan sesi praktik. Acara dimulai dengan pemaparan materi menggunakan media PPT yang ditampilkan melalui LCD proyektor. PPT disusun secara menarik agar para siswa senang dan dapat menerima materi dengan mudah. 

Di akhir sesi pemaparan, ditampilkan video cara membuat miniatur rumah dari stik kayu. Pembuatan prakarya ini memerlukan bahan berupa stik kayu bekas, lem, cutter, dan kardus bekas. Para siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok untuk melatih kerja sama tim. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik membuat miniatur rumah didampingi oleh mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.
 
Acara diakhiri dengan pameran hasil karya masing-masing kelompok untuk memunculkan sikap apresiatif pada siswa. Kegiatan berjalan dengan lancar dan para siswa menyambut dengan penuh antusias. Siswa juga menjadi lebih tahu ragam konstruksi rumah tinggal sederhana yang ada di sekitarnya. Kedepannya, metode pembelajaran seperti ini dapat dikembangkan lagi guna menciptakan iklim belajar yang lebih menyenangkan.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..