Mahasiswa Undip Kenalkan Seni Arsitektur di SD Desa Mendolo - Comedy and Indie

Sabtu, 11 Februari 2023

Mahasiswa Undip Kenalkan Seni Arsitektur di SD Desa Mendolo

 


Loetju.id -  Desa Mendolo Memiliki 1 Sekolah Dasar yang terbagi menjadi 2 cabang, Sekolah Induk yang berada di mendolowetan dan sekolah cabang yang dikhususkan untuk anak dukuh sawahan karena lokasinya sangat jauh dari sekolah induk. SD ini hanya terdapat 2 tenaga pengajar yang mengisi 3 kelas, kelas dua, empat, dan enam. 

Pak Heri Prasetyo selaku guru di SD Negeri Mendolo bercerita bahwa keterbatasan tenaga pengajar mengakibatkan materi seni rupa sangat ditinggalkan. “iya karena saya ga ada dasar seni, jadinya setiap pelajaran seni murid hanya disuruh gambar sebebasnya. Jadi kurang terlatih mas” Ujarnya. Murid SD mendolo sendiri juga hanya sedikit, kelas dua hanya enam anak, kelas empat hanya empat anak, dan kelas enam hanya enam anak. 

Maka dari itu, dibutuhkan sebuah program untuk menggali jiwa seni bagi anak-anak Desa Mendolo. Dari situlah Program “Melek Seni Melalui Arsitektur” tercipta. Sebuah program yang ditargetkan untuk anak-anak SD Desa Mendolo untuk melatih kreativitas dan juga menggali potensi seni yang ada pada anak-anak SD Desa Mendolo. 

Program ini dimulai dengan Pemaparan Materi mengenai Arsitektur, mulai dari definisi, tugas, hingga potensi pekerjaan suatu arsitek kemudian hari nanti. Kemudian di lanjutkan dengan pemaparan Materi Mewarnai Teknik Gradasi. Teknik ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas anak dengan memanfaatkan 3 warna dalam mewarnai. 

Kemudian, Anak-anak SDN Mendolo ditantang untuk memilih tugas yang diberikan, opsi tugas 1 adalah menggambar rumah impian, opsi tugas 2 adalah menggambar SD Mendolo secara langsung Outdoor. Dua tantangan ini memiliki tujuan dan output yang sama, yaitu melatih anak untuk berpikir kreatif dan membayangkan gambar di kepala mereka dan dituangkan ke dalam kertas. 


Anak-anak SD Mendolo memilih tantangan opsi 1 dikarenakan sedang hujan dan lapangan becek, mereka sangat antusias dalam menjalankan tantangan tersebut. Namun, dikarenakan waktu yang terbatas, tugas tersebut akhirnya dijadikan PR untuk diselesaikan dirumah untuk kemudian di warnai dengan menggunakan Teknik gradasi yang sudah diajarkan.

Program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penerus Desa Mendolo yaitu anak – anak SD itu sendiri. Melatih kreativitas anak dan juga memunculkan potensi mata pencaharian baru melalui bidang seni, serta memperkenalkan dunia arsitektur agar dapat memunculkan calon arsitek baru di masa yang akan datang.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..