Peduli Gizi Anak Usia Sekolah, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Asupan Zat Gizi Seimbang - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Peduli Gizi Anak Usia Sekolah, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Asupan Zat Gizi Seimbang

 


Loetju.idKabupaten Tegal, (10/2/2023)- Masa anak-anak adalah salah satu masa yang rawan akan masalah gizi oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap terpenuhi gizi di anak-anak di Desa Lemahduwur, mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Tahun 2022/2023 melakukan sosialisasi tentang Pentingnya Gizi Seimbang terkait Tumbuh Kembang Optimal. 

Materi yang diberikan adalah tumpeng gizi seimbang, isi piringku, dan tata cara cuci tangan yang benar. Isi Piringku adalah anjuran menu setiap satu kali makan yang terdiri atas karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. 

Suci Noviya Dewi, mahasiswa gizi yang menjadi salah satu anggota KKN Tim 1 Undip, menjelaskan bahwa, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran mereka karena masih banyak siswa-siswi sekolah dasar yang mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti jajanan dan minuman serta jarang sekali dari mereka yang mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah makan. 

Setelah berdiskusi dengan Kepala Sekolah mahasiswa KKN melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 di dalam kelas untuk menyampaikan edukasi mengenai pentingnya asupan zat gizi seimbang bagi anak usia sekolah. 

Dalam sosialiasi, media yang digunakan adalah power point yang dilengkapi dengan animasi-animasi menarik, video animasi mengenai isi piringku dan tata cara cuci tangan yang benar, serta poster bergambar mengenai isi piringku. Dengan digunakannya media tersebut membuat siswa menjadi tertarik dan memperhatikan materi yang disampaikan. 

Dalam penyampaikan materi, anak-anak diberikan pertanyaan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi. Siswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan. 


Diharapkan adanya sosialisasi gizi seimbang dan isi piringku bisa menjadikan pengetahuan baru dan kebiasaan baik terutama bagi siswa. Agar selalu menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi seimbang. 

Selain itu, siswa terbiasa hidup sehat dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan minum air putih secukupnya. Sehingga anak anak dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik serta memberi dampak positif pada prestasi belajarnya.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..