Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Bantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak-anak di Desa Harjosari Kidul - Comedy and Indie

Jumat, 10 Februari 2023

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Bantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak-anak di Desa Harjosari Kidul

 


Loetju.idKabupaten Tegal (07/02/2023) − Program monodisiplin “Literasi Enam Puluh Menit (LIMIT)” yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, Aulia Sava Febiyana pada Selasa (24/01/2023) di Posko KKN Desa Harjosari Kidul dihadiri oleh anak-anak seusia Sekolah Dasar.

Program tersebut mencakup kegiatan membaca buku fabel yang diisi dengan kuis mengenai kesan, pesan, serta nilai yang terkandung dalam buku yang mereka baca tersebut. Hal tersebut agar melatih daya pikir anak-anak terhadap informasi dari buku yang mereka baca.

Menurut Fiya (10) yang menjadi salah satu peserta kegiatan LIMIT, “Acaranya seru, bagus, dan asik. Materinya juga gampang dimengerti.” 

Pelaksanaan program tersebut bertujuan agar anak-anak memiliki kesadaran literasi dengan sosialisasi untuk mengenalkan konsep informasi, cara mencari informasi yang tepat, dan mengevaluasi informasi yang ditemukan.

Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang terus menggalakan gerakan literasi untuk para pelajar, khususnya di Provinsi Jawa Tengah yang berada di peringkat 10 provinsi terbawah dari 34 provinsi Indonesia berdasarkan hasil penelitian Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019.

Selain itu, adanya fasilitas perpustakaan dan program literasi yang kurang optimal, baik di sekolah maupun di lingkup masyarakat juga menjadi salah satu penyebab kesenjangan akses informasi dari jangkauan anak-anak.

“Pernah ada kegiatan literasi yang membaca itu, tapi itu cuma pernah 1 kali saja. Kalau perpustakaan di sekolah ada, sih, tapi gak ada yang petugas yang jaga perpustakaannya,” ujar Aulia, salah satu peserta yang mengikuti program LIMIT saat diwawancarai pada Jum’at (03/02/2023) di Posko KKN Tim 1 Undip Desa Harjosari Kidul.


Dengan program ini, diharapkan bahwa anak-anak antusias dan turut berperan aktif dalam kegiatan literasi informasi, mulai dari konsep informasi hingga tahap evaluasi informasi yang mereka jumpai, bukan hanya sekedar membaca saja.

“Semoga setelah ikut acara LIMIT, aku jadi tahu informasi yang tepat itu apa dan lebih pandai lagi dalam memilih informasi,” ujar Aulia.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..