Demi Majukan Potensi Peternakan Desa Jaten, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pemetaan Persebaran Kandang Ternak - Comedy and Indie

Sabtu, 11 Februari 2023

Demi Majukan Potensi Peternakan Desa Jaten, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pemetaan Persebaran Kandang Ternak




Loetju.id Jaten (08/02) – Desa Jaten merupakan desa yang terletak di Kabupaten Boyolali, lebih tepatnya berada di Kecamatan Klego. Desa Jaten sendiri terbagi menjadi 6 dukuh dengan total jumlah penduduk sebanyak 1.835 jiwa. Sebagian besar wilayah Desa Jaten merupakan persawahan dengan luas 102,10 hektare. 

Banyaknya lahan pertanian baik kebun, ladang maupun sawah membuat sebagian mata pencaharian warga adalah petani. Selain menjadi petani kebanyakan warga Desa Jaten memiliki hewan ternak yang dipelihara di rumah masing-masing.

Berdasarkan hasil survei dan pengamatan langsung di lapangan didapatkan bahwa Desa Jaten merupakan desa yang memiliki sektor pertanian yang sangat luas. Selain dari  sektor pertanian yang mendominasi, tidak menutup kemungkinan sektor lain memiliki potensi untuk dikembangkan. 

Salah satu sektor yang memiliki potensi  cukup  besar di  Desa Jaten yaitu adalah sektor peternakan, dimana terdapat banyak masyarakat Desa Jaten yang memiliki kendang untuk hewan ternak yang mereka miliki. Dari potensi tersebut perlu  adanya pendataan dan pemetaan lebih lanjut mengenai  data persebaran kandang ternak yang terdapat di Desa Jaten.


Adanya potensi yang cukup besar dari sektor peternakan, pemetaan persebaran ternak perlu dilakukan. Hal tersebut agar masyarakat desa dapat mengetahui potensi dan persebaran lokasi kendang ternak yang ada di Desa Jaten. Pemetaan persebaran kendang ternak dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan kegiatan Kulah Kerja Nyata. 

Albirera Sodwana selaku mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 telah  melakukan kegiatan pemetaan dan survei persebaran kendang ternak sebagai program kerja monodisiplin. 

Kegiatan pemetaan berlangsung selama 3 hari dengan cara berkeliling desa untuk mendata jumlah hewan dan kendang ternak dan memasukan data koordinat dari masing – masing kendang ternak. Kandang ternak sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu, Kandang Sapi, Kandang Kambing, dan Kandang Ayam.


Hasil dari kegiatan pemetaan tersebut kemudian diolah menjadi sebuah peta dengan yang menampilkan persebaran titik lokasi kendang ternak dan jumlah hewan ternak yang ada di Desa Jaten. 

Jumlah hewan ternak yang terdata terdiri dari 378 ekor sapi, 334 ekor kambing, dan 18.000 ekor ayam. Khusus untuk ternak ayam sendiri terdapat 2 peternakan besar yaitu terdapat pada Dukuh Selogan dengan kapasitas kendang 10.000 ekor dan Dukuh Gandik denga kapasitas kendang 8.000 ekor.

Peta persebaran kendang ternak tersebut kemudian dicetak dan pada tanggal 08 Februari 2023 dilaksanakan prosesi penyerahan kepada Ibu Titik Winarni selaku Kepala Desa Jaten yang bertempat di Balai Desa Jaten.



Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..