Daftar Grup dan Perusahaan Hiburan yang Didirikan oleh Comika di Indonesia - Loetju Media yang Lucu

Senin, 18 April 2022

Daftar Grup dan Perusahaan Hiburan yang Didirikan oleh Comika di Indonesia

 


Loetju.id -  Perkembangan standup comedy di indonesia sangat pesat, iklim industri dan semua infrastrukturnya. Bermunculan beberapa perusahaan yang didirikan oleh para standup comedyan untuk memasuki industri hiburan profesional.

Lewat postingan kita kali ini, yuk bahas apa saja perusahaan, grup dan channel youtube yang diidirkan dan dikelola oleh comika, apa saja? ini daftarnya.


1. MLI Majelis Lucu Indonesia
Bisa dibilang sebagai pelopor usaha yang dibangun oleh comika,awalnya didirikan oleh Tretan Muslim, Joshua Suherman, dan Fico Fazhriza. Namun, Fico akhirnya memilih untuk keluar dari MLI. Kemudian, Muslim mengajak Coki Pardede untuk bergabung.

MLI semakin profesional dengan masuknya Patrick Effendy sebagai  Chief Executive Officer Majelis Lucu Indonesia, ada pula nama Adriano Qalbi.

Kabarnya MLI mendapat investasi dari Emtek Group yang juga pemilik SCTV, Indonesia, Vidio dan Bukalapak.

Beberapa acara yang populer dari MLI misalnya Pengen Siaran yang dibawakan oleh tretan Muslim dan Coki Pardede.


2. Komtung Tv
Komtung Tv didirikan oleh Daned Gustama,  acara populernya misalnya Comedy Crib dan Ghibah yang dibawakan oleh Arya Novrianus berkonsep acara gosip seputar comika dan dunia standup comedy.

Kabarnya kini Komtung tv dibeli oleh MLI.


3. Jiroluger
Channel youtube berbasis di Jogjakarta yang digawangi oleh Mukti Entut, Yursil Fahriza dan Iqbal Kutul.

Jiroluger, grup lawak dibawah naungan Majelis Lucu Indonesia (MLI).


4. Hahaha Corp
Hahaha Corp adalah talent manajemen yang digagas oleh Ernest Prakasa, comika sekaligus sutradara dengan sederet film box officenya, sekarang mereka juga membuat konten di channel youtube.

Setidaknya ada 10 personel cowok, dan satu personel cewek. Mereka adalah Ernest Prakasa, Ge Pamungkas, Soleh Solihun, Arie Kriting, Muhadkly Acho, Denny Gitong, Muhammad Rizal, Ardit Erwandha, Dipa Andika, Bene Dion, dan Aci Resti.


5. GJLS
Grup yang terdiri dari Rigen, Rispo dan Hifdzi, berawal dari kebersamaan mereka saat pendemi dan ingin membuat karya lahirnya grup lawak GJLS yang mengusung tema komedian sederhana.

Viral dengan film pendeknya yang berjudul Kuyup mendapat score 10/10 dari Cine Cribe, kini GJLS semakin moncer punya program Podcast yang sudah eksklusif di Spotify, Sekolah Ngawur di Tema Indonesia dan yang terbaru sketsa kolaborasi dengan Flip Indonesia.

Kabarnya GJLS kini sudah berbadan hukum dengan mendirikan PT Jelas Entertaiment.


6. Comika Indonesia
Didirikan oleh Pandji Pragiwaksono sebagai ekosistem standup comedy di indonesia, salah satu terobosan yang dilakukan oleh Pandji lewat Comika adalah toko online Digital Download yang sangat membantu penjualan spesial show para comika.

Daftar stand up comedyan yang karyanya bisa dibeli di digital download comika.id: Abadie, Abah Pican, Aci Resti, Adhit Apriansyah, Adhitya Nugraha, Adhuy, Adit MKM, Adriano Qalbi, Afif Xavi, Agus Firmat, Ai Kecil, Aji Pratama, Al Mufid, Ali Akbar, Alif Baihak, Ananta Rispo, Andri Sakti, Apos Hutagaol, Ardit Erwandha, Arif Alfiansyah, Arif Brata, Arirante, Aris DJ, Arzaqi Abil, ATE, Awwe, Axel Mecsy, Bachrul Alam, Bagus, Baim Ichsan.


Barry Williem, Ben Dhanio, Benidictus Siregar, Beno Ababeel, Bintang Timur, Blindman Jack, Bobby Darwin, Boris Bokir, Bulin Muhammad, Christian Giacobbe, Dany Beler, Darwin MOA, David Nurbianto, Deki Sutrisna, Diana Ara, Dicky Difie, Disabilitas, Dua Anak Cukup, Duto Triadjie, Dzawin Nur, Ebel Cobra, Eka Runake, Ence Bagus, Endru Stifler, Epen Stefanuss, Ernest Prakasa, Erwin Belo, Erwin Wu, Evan Enghauw, Fadhilah Bachtiar. dll.


7. Sunday Comedy
Salah satu acara populernya Bondo Wani yang dipandu oleh Dono Pradono.


Demikian tadi sobat Loetju postingan kita kali ini tentang Daftar Grup dan Perusahaan Hiburan yang Didirikan oleh Comika di Indonesia. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..