Biografi Dzawin Nur, Comika Penyuka Traveling dan Naik Gunung - Loetju Media yang Lucu

Jumat, 15 April 2022

Biografi Dzawin Nur, Comika Penyuka Traveling dan Naik Gunung



Loetju.id - Selamat datang di rubrik Biografi Comika, postingan tentang profil standup komedian agar kita lebih dekat dengan sosoknya. Postingan pertama ini kita akan bahas Dzawin Nur finalis Suci alumni UIN yang kini suka traveling dan naik gunung keliling dunia.

Nama lengkapnya Dzawin Nur Ikram atau dipanggil Dzawin lahir pada 22 Agustus 1991 adalah pelawak tunggal Indonesia. Dzawin adalah seorang lulusan pesantren. 

Ia selalu membawakan materi stand up comedy yang berhubungan dengan pesantren. Dzawin merupakan mahasiswa UIN Jakarta, Ciputat. Juara 3 SUCI 4 yang lahir di Bogor ini mengikuti audisi di Bandung dan lolos 20 besar serta bisa menembus tiga besar. Tiga besar SUCI 4 dijuluki Trio Kasuari atau Rule Of Three yaitu David Nurbiyanto, Abdur Arsyad, dan Dzawin.


Karier Dzawin Nur
"Diliatin orang dari lantai 1 sampai 7 gak ada yang ketawa," kenangnya. Itulah pengalaman buruknya selama stand up. 

Semenjak itu ia sempat vakum dari stand up, hingga ia kembali menemukan kepercayaan diri dan puncaknya berhasil menjadi salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia season 4 (SUCI 4) pada tahun 2014. 

Ciri khas Dzawin saat membawakan materi stand up adalah dengan gaya enerjik plus tempo bicara yang cepat tetapi masih dapat dimengerti penonton. Seperti salam pembuka yang sering ia ucapkan "Assalamualaikum! Ini gimana kabarnya semua Alhamdulillah sehat ya?! Sehat ya?!" sering ia diucapkan dengan cepat. 

Latar belakang dirinya yang merupakan anak pesantren juga hampir selalu jadi bahan materi yang ia bawakan. Ia dikenal sering bertengkar dengan teman satu kompetisinya, Abdur, baik di panggung maupun di Twitter. 

Pertengkaran pertama kali dimulai saat Stand Up Comedy Season 4 Show 11. Saat itu Dzawin menirukan gaya bicara Abdur, "Asek-Asek Joss". Begitu juga dengan Abdur yang berkata, "Assalamualaikum! Ini gimana kabarnya sehat ya! Sehat ya!" Dzawin pun pernah meledek Abdur sebagai Komodo Jablay. 

Ia juga pernah meledek Yudha Keling dengan julukan "Pinggiran Koreng" dan Pras Teguh dengan julukan "Anak CallBack". Dzawin sendiri berhasil meraih juara ketiga di SUCI 4. 

Pada tahun 2017, Dzawin kembali mengikuti kompetisi komedi bertajuk Maharaja Lawak Mega[3] yang merupakan salah satu kompetisi komedi terbesar di negara Malaysia, sama seperti di SUCI 4 ia kembali berhasil meraih juara ketiga.

Penghargaan yang pernah diterima Dzawin Nur
- Juara 3 Stand Up Comedy Indonesia (Kompas TV) season 4 tahun 2014
- Komika Favorit Show 5 (Diumumkan Show 6)
- Juara 3 Maharaja Lawak Mega 2017


Acara Televisi Dzawin Nur
- Stand Up Comedy Indonesia (Kompas TV) ke-4 Sebagai peserta tahun 2014
- SUPER (Kompas TV) sebagai Co-host sejak Agustus 2014
- SUCI Playground (Kompas TV)
- Comic Story (Kompas TV)
- Combreak (Kompas TV)
- Stand Up Everywhere (RCTI)
- Maharaja Lawak Mega (Astro Warna / Astro Mustika HD) Sebagai peserta tahun 2017
- Temasya Sukan Ke Laut (Astro Warna)
- Ceria i-Star 2017 (Astro Ceria) sebagai Co-Host
- Gegar Lawak 2018 (Astro Warna) Sebagai mentor kepada peserta


Filmo yang pernah dibintangi Dzawin Nur
- Get Up Stand Up (2016)
- 99 Nama Cinta (2019)


Comika yang terkenal dengan tagline "markicabs" ini selain hobi naik gunung dan traveling ke antah barantah juga berbakat menulis lagu.

Setidaknya hingga artikel ini ditulis sudah ada beberapa lagu "Kau Harus Tahu - Sebuah Lagu Komedian Patah Hati" yang kabarnya tercipta karena ia patah hati beneran.

Lagu lain berjudul "Terbang" nuansanya lebih riang daripada singgle pertamanya dan yang ketiga yang masih anget berjudul "Siapa" lagu ini merupakan karya Dzawin Nur Ft. Walag. 

Judul yang lain bisa kalian nikmati lewat kanal youtube Dzawin Nur coba aja cari lagu "Di Balik Tawa" yang liriknya dalam banget saat menjelang stand up shownya tiba-tiba ia dapat telpon dari sang ibu bahwa sang ayah telah tiada, sakit men.

Lagu lain dari Dzawin Nur berjudul "Sabrina" "Pak Seo" dan "Pak Jero" dari sekian banyak lagu dan music video dzawin di atas, yang paling konsisten adalah genre musiknya dan videonya yang sederhana nan aesthertic.


Penulis:
Nandar


sumber:
id.wikipedia.org
youtube.com


===
Baca Juga:

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..