Mahasiswa KKN Undip Mengedukasi Masyarakat Terkait Mitigasi Bencana di Desa Pagejugan - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Mahasiswa KKN Undip Mengedukasi Masyarakat Terkait Mitigasi Bencana di Desa Pagejugan

 


Loetju.idBrebes, Jawa Tengah (08/02/2023) - Upaya mitigasi bencana pada saat ini, mengalami perubahan paradigma maupun tindakan,yaitu dengan menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Jadi masyarakat bukan hanya sekedar menjadi korban/objek dari bencana namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana. 

Metode yang tepat dalam penanganan bencana sekarang ini adalah Kesiapsiagaan Bencana berbasis masyarakat. Program berbasis masyarakat yang mendorong pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk menyiagakan diri dalam mencegah serta mengurangi dampak dan resiko bencana yang terjadi lingkungannya.

Desa Pagejugan merupakan desa yang terletak di Kecamatan Brebes. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Brebes, Desa Pagejugan memiliki kerawanan bencana alam yang tinggi, khususnya bencana alam Banjir dan juga Puting beliung. 

Tingkat kerawanan bencana alam Banjir pada desa pagejugan tergolong tinggi dikarenakan letak geografis desa pagejugan yang memiliki kemiringan lereng yang datar sehingga banyak aliran air yang tidak mengalir yang dapat mengakibatkan bencana alam banjir jika terjadi hujan deras. 

Selain itu, pada bagian utara Desa Pagejugan yang berbatasan dengan laut, masyarakat Desa Pagejugan hidup berdampingan dengan tambak tambak yang memang berbatasan dengan laut, oleh karena itu, pada RW 04 Desa Pagejugan yang hidup disekitar Kawasan tambak sering terjadi banjir rob yang terjadi dikarenakan naiknya air laut dan tidak adanya saluran pembuangan air hujan disekitar permukiman di RW 04 Desa Pagejugan. Bencana alam yang terjadi di Desa Pagejugan bukan hanya banjir, melainkan terdapat kerawanan bencana alam puting beliung yang tergolong sedang.

Program sosialisasi mitigasi bencana oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro ini mengacu pada tujuan atau tema besar dari KKN Tim 1 Universitas Diponegoro yaitu SDGS (Pembangunan Berkelanjutan) poin 13 yaitu tentang perubahan iklim. 


Sosialisasi mitigasi bencana ini berisikan tentang bagaimana masyarakat bereaksi terhadap bencana bencana alam yang terjadi khususnya bencana alam banjir dan puting beliung. 

Program sosialisasi terkait mitigasi bencana ala mini diadakan pada di rumah seorang warga pada saat perkumpulan PKK (08/02). Pada saat pelaksanaan program sosialisasi mitigasi bencana, para peserta sosialisasi sangat antusias dalam bertanya maupun menjawab dikarenakan mitigasi bencana ini merupakan hal baru bagi masyarakat Desa Pagejugan.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..