Mahasiswa Kkn Undip Melakukan Edukasi Prinsip Budaya Jepang 5S di Desa Genengsari - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Mahasiswa Kkn Undip Melakukan Edukasi Prinsip Budaya Jepang 5S di Desa Genengsari

 


Loetju.idBoyolali ( 01/27/2023). Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro, Rafi Abu Bakar, melakukan presesentasi terkait edukasi pengenalan prinsip kebudayaan jepang 5s dan pentingnya menjadikan prinsip tersebut menjadi sebuah kebiasaan – 5s sendiri adalah prinsip manajemen yang merupakan barometer yang dapat menunjukan bagaimana perusahaan dikelola dan prinsip ini tidak hanya diterapkan didalam dunia industry tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Bagi orang jepang menjaga lingkungan dengan berbenah atau bersih-bersih dianggap merupakan bagian spiritual ajaran buddhisme atau praktek kebersihan yang menjadi bagian dari praktek keimanan atau ketuhanan dalam agama shinto.  

Dilansir https://www.cnnindonesia.com, Ternyata Mayoritas masyarakat Indonesia ternyata tidak peduli  akan kebersihan. Hal itu berdampak pada lingkungan sekitar dan juga kesehatan. 

Dari data riset Kementerian Kesehatan diketahui hanya 20 persen dari total masyarakat Indonesia peduli terhadap kebersihan dan kesehatan. Ini berarti, dari 262 juta jiwa di Indonesia, hanya sekitar 52 juta orang yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan dampaknya terhadap kesehatan.  

Kebudayaan jepang percaya bahwa kebiasaan dan kedisiplinan perlu diajarkan dan diterapkan sejak dini yaitu sejak masa kanak-kanak sd dan setelah melakukan survey ke SD serta melihat bahwa banyaknya anak-anak SD yang belum mengetahui mengenai prinsip budaya kebersihan jepang.

Oleh karenanya Tujuan kegiatan ini dilakukan karena sebagai bentuk pengenalan budaya serta upaya untuk meningkatkan kesadaran anak-anak sd mengenai kebersihan, yang harapannya dapat menjadikan 5 prinsip kaizen tersebut dapat di terapkan dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Adapun kegiatan ini dilakukan dengan cara melakukan presentasi didepan anak-anak SD khususnya di Kelas 5. Isi Edukasi dari presentasi yang dilakukan berisikan mengenai prinsip Kebersihan 5s. diawali dengan Seiri ( 整理) yang artinya memisahkan barang yang diperlukan atau tidak diperlukan lagi, selanjutnya yaitu Seiton (整頓)  yang berarti setelah memilih barang-barang yang diperlukan perlu ditempatkan ditempat yang tepat yang sesuai, setelah itu Seiso (清楚) setelah barang-barang ditempatkan di tempat yang tepat dilakukan kebersihan secara menyeluruh terhadap barang-barangnya. 


Berikutnya ada Seiketsu (清潔)konsep utamanya adalah menjaga kebersihan 3s secara berkala. Yang terakhir yaitu Shitsuke (躾) menjadikan 3s diawal menjadi sebuah kebiasaan setiap harinya. Dalam edukasi dan presentasi yang diberikan ini, diharapkan anak-anak SDN Genengsari 2 meningkatkan kesadarannya terkait prinsip kebersihan 5s serta guru-guru yang mengajar dapat membimbing anak-anak SD dalam membentuk sebuah karakter kebersihan yang baik sejak dini, khususnya dapat menerapkan prinsip kaizen jepang 5S. 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..