Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Desa Pesarean Visualisasi Wilayah dengan Peta - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Desa Pesarean Visualisasi Wilayah dengan Peta

 


Loetju.idPesarean, Adiwerna- (27/01/2023) Mahasiswa KKN Tim I Undip periode 2022/2023 yang dilaksanakan di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal telah menyelesaikan Program Kerja Monodisiplin dengan membantu Perangkat Desa Pesarean. Salah satu dari mahasiswa KKN UNDIP membuat informasi berbasis geospasial yaitu Produk Peta Dasar di Desa Pesarean. 

Peta Dasar ini nantinya berfungsi untuk mengidentifikasi berbagai macam objek atau nomenklatur yang ada di wilayah desa. 

Kegiatan KKN yang dilaksanakan pada 3 Januari hingga 16 Februari 2023 dengan Tema "Pemberdayaan Masyarakat". Sesuai dengan tema maka program Penyusunan Peta Dasar ini dilaksanakan untuk dapat membantu pemahaman warga desa atas wilayah tempat tinggal mereka sendiri dan dapat digunakan sebagai bahan perencanaan desa oleh pemerintah desa. 

Bentuk dari program dan pengabdian yang dilaksanakan, yaitu berupa pembuatan peta administrasi desa dan penggunaan lahan Desa Pesarean. Program ini dilakukan dari beberapa agenda, yaitu survey dan validasi batas desa, proses pembuatan peta, dan pencetakan peta. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan perangkat desa.
 
Produk dari program ini nantinya diserahkan ke Pemerintah Desa Pesarean, sebagai inventaris desa. Karena di Desa Pesarean belum memiliki informasi geospasial seperti Peta Administrasi. Selain untuk melengkapi data desa, Pemerintah Desa juga dapat mengunggah peta ini ke situs resmi Pemerintah Desa agar dapat membantu masyarakat dalam memahami dan mengetahui kondisi serta persebaran sarana prasarana yang ada di desa. 


Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu pemahaman warga desa atas wilayah tempat tinggal mereka sendiri dan Pemerintah Desa dalam merencanakan sebuah pembangunan terkait infrastruktur atau pengembangan Desa Pesarean.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..