Mahasiswa KKN TIM 1 Undip lakukan pembuatan Peta Administrasi di Desa Kaliwlingi - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Mahasiswa KKN TIM 1 Undip lakukan pembuatan Peta Administrasi di Desa Kaliwlingi

 


Loetju.idPeta Administrasi merupakan sebuah data berbentuk spasial yang sangat diperlukan pada suatu kelurahan atau desa, dan digunakan untuk mengetahui letak serta batas dari kelurahan atau desa tersebut. 

Peta Administrasi berisikan terkait gambaran umum tentang permukaan bumi pada bidang daatar, yang mempunyai ukuran pada skala tertentu dan dilengkapi oleh legenda yang memuat simbol-simbol yang menunjukkan keterangan pata Peta Administrasi tersebut.

Desa Kaliwlingi merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Selayaknya sebuah desa, tentunya memiliki Peta Administrasi yang terdapat pada Kantor Desa. Kendati demikian, Peta Administrasi yang terdapat pada Kantor Desa Kaliwlingi dinilai masih kurang informatif, dimana belum menampilkan simbol-simbol serta batas yang seharusnya ada pada Peta Administrasi.

Menyikapi hal tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim 1 tahun 2022/2023 melakukan inisiatif dengan membantu membuat Peta Administrasi Desa Kaliwlingi yang informatif. Hal ini bertujuan agar Peta Administrasi tersebut dapat mempermudah masyarakat serta perangkat desa dalam mengetahui batas wilayah, serta letak geografis dari Desa Kaliwlingi.

Dalam proses pelaksanaannya pada hari Jumat (09/02/2023), dimulai dari melakukan validasi Batas Desa oleh perangkat desa yang melibatkan Ketua RW serta Kasi Perencanaan Desa Kaliwlingi, yaitu dengan menggambar batas-batas desa dari Citra Satelit yang sudah di-unduh pada website Google Earth Pro. 


Setelah mengetahui batas-batas desa, Citra Satelit tersebut diolah menggunakan software ArcGis 10.8 yang kemudian menghasilkan Peta Administrasi berbentuk Polygon¸ disertai dengan legenda yang menampilkan simbol-simbol yang menginformasikan batas desa, batas kecamatan, serta jaringan sarana dan prasarana.

Diharapkan dengan adanya Peta Administrasi Desa Kaliwlingi yang sudah dibuat oleh Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 2022/2023, perangkat desa serta masyarakat Desa Kaliwlingi mampu mengetahui batas-batas dan letak geografis Desa Kaliwlingi serta bisa memanfaatkannya dengan baik.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..