Hadirkan Inovasi Baru, Mahasiswa KKN UNDIP Buat Peta Persebaran Sarana Kesehatan Desa Sigambir dalam Kalender Tahun 2023 - Comedy and Indie

Selasa, 14 Februari 2023

Hadirkan Inovasi Baru, Mahasiswa KKN UNDIP Buat Peta Persebaran Sarana Kesehatan Desa Sigambir dalam Kalender Tahun 2023

 


Loetju.idBrebes – Sarana Kesehatan menjadi tempat yang keberadaannya sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat desa. Sarana kesehatan dapat berupa Pos Kesehatan Desa (PKD) dan posyandu sesuai kebutuhan pada suatu desa. 

Desa Sigambir memiliki permasalahan stunting sehingga keberadaan sarana kesehatan sangat diperlukan. Desa Sigambir telah memiliki PKD dan posyandu balita sebagai sarana kesehatan untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat setempat. 

Namun, keberadaan PKD dan posyandu balita di Desa Sigambir tersebut belum didukung oleh adanya peta persebaran sarana kesehatan. Di sisi lain, PKD dan Balai Desa Sigambir juga belum memiliki kalender tahun 2023. 

Peta persebaran sarana kesehatan merupakan gambar yang menunjukkan informasi spasial terkait dengan titik lokasi keberadaan sarana kesehatan di wilayah administratif dari Desa Sigambir. 

Pembuatan peta persebaran sarana kesehatan dilakukan mulai dari konsultasi program kerja bersama dengan ibu bidan selaku penanggung jawab PKD Desa Sigambir kemudian pengumpulan informasi lokasi sarana kesehatan melalui wawancara dengan ibu bidan, hingga editing kalender tahun 2023. 

Tak hanya informasi mengenai persebaran lokasi sarana kesehatan, program kerja ini juga menampilkan kalender 2023 yang disertai dengan keterangan tanggal merah di dalamnya. Pembuatan peta persebaran sarana kesehatan dalam kalender 2023 diharapkan dapat bermanfaat bagi PKD dan Balai Desa Sigambir untuk memenuhi kebutuhan kalender tahun 2023 dan informasi lokasi serta jam operasional dari sarana kesehatan di Desa Sigambir. 


Penyerahan kalender 2023 sebagai luaran program kerja peta persebaran sarana kesehatan kepada Ibu Sufi Kristiyani A.Md.Keb selaku bidan Desa Sigambir telah dilaksanakan pada Selasa, 24 Januari 2023. 

“Terima kasih mba sudah dibuatkan kalender 2023 dan peta persebaran sarana kesehatan dengan kreatif, insyaa Allah dapat bermanfaat untuk PKD Sigambir.” ujar Bu Sufi Kristiyani A.Md.Keb, bidan Desa Sigambir.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..