Era Serba Digital, Mahasiswa KKN Undip Ajak Pelaku Usaha Di Desa Sigambir Untuk Beralih Ke E-Commerce - Comedy and Indie

Selasa, 14 Februari 2023

Era Serba Digital, Mahasiswa KKN Undip Ajak Pelaku Usaha Di Desa Sigambir Untuk Beralih Ke E-Commerce

 


Loetju.idKab. Brebes (19/01/2023) – Para pelaku di Desa Sigambir  mengaku kesulitan dalam mengembangkan usaha mereka. Terbukti dari banyaknya pelaku usaha yang menyerah dan memilih untuk menutup usaha mereka begitu saja.

Pandemi Covid-19 juga menjadi penyebab sulitnya para pelaku usaha untuk tumbuh, ditambah dengan banyaknya pelaku usaha yang belum bisa melakukan pemasaran secara online. Sulitnya pertumbuhan pelaku usaha di Desa tersebut, menggerakkan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sigambir, Kec. Brebes, Kab. Brebes, membantu mendorong pelaku usaha Desa untuk maju.

Ibu Fitri Talita  (35) – pemilik bisnis fashion anak-anak, mengatakan tidak mudah untuk mempromosikan bisnis di luar desa. Beliau sendiri memiliki ketertarikan untuk mengiklankan usahnya melalui media sosial, namun karena minimnya pengetahuan mengenai teknologi, mengakibatkan belum terealisasinya niat tersebut.

Atas dasar permasalahan tersebut, mahasiswi KKN Tim I Undip yang bernama Iqlima Ranila Ramadhani dari Program Studi Akuntansi Perpajakan 2019 meluncurkan program “Pelatihan digitalisasi pada pelaku usaha untuk menggunakan e-commerce” yaitu dengan memperkenalkan penggunaan aplikasi shopee untuk memasarkan produk yang dijual, karena Shopee merupakan e-commerce yang memiliki jumlah pengguna terbanyak pada saat ini, sehingga peluang berjualan online di shopee lebih besar. 


Pada pelatihan membuat e-commerce, Ibu Fitri sebagai pelaku usaha mengakui bahwa program yang dijalankan ini sangat membantu usahanya dalam menjual produknya melalui online atau aplikasi e-commerce.

Penggunaan marketplace shopee pada pelaku usaha di Desa Sigambir, Kec. Brebes, Kab. Brebes diharapkan dapat membantu menjual produk dengan pesaing pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pengjual dari cara penjualan secara offline yang sebelumnya dilakukan. Selain itu, melalui program ini, para pelaku usaha juga diharapkan dapat meningkatkan omset penjulan, serta lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..