Cegah Penyebaran Penyakit, Mahasiswa Undip Beri Edukasi Mengenai Rumah Sehat - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Cegah Penyebaran Penyakit, Mahasiswa Undip Beri Edukasi Mengenai Rumah Sehat

 


Loetju.idSragen (12/02/2023)- Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2022/2023  Fakultas Teknik, Program Studi Arsitektur, Addina Aulia Kirana Syifa memberikan edukasi mengenai cara menciptakan konsep rumah sehat kepada kelompok masyarakat ibu-ibu PKK di desa Slendro. 

Kegiatan ini merupakan program kerja monodisiplin yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 bertepatan dengan kegiatan perkumpulan rutin ibu-ibu PKK di Balai desa Slendro, Dukuh Jumbleng, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen.Tak hanya kelompok masyarakat ibu-ibu PKK, perkumpulan ini juga dihadiri oleh kader Kesehatan dan juga Ibu bidan yang ada di desa Slendro.

Masyarakat desa Slendro masih belum sadar akan pentingnya menciptakan rumah yang sehat. Terlebih lagi terdapat kasus demam berdarah yang tengah menjadi sorotan permasalahan di desa ini. Dalam hal ini masyarakat perlu diberikan pencerdasan terkait konsep rumah sehat sebagai salah satu bentuk upaya dalam mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. 

Selain itu, penghuni rumah juga merasa nyaman dan aman Rumah bukan hanya menjadi tempat untuk istirahat, tetapi juga sebagai tempat yang mengakomodasi berbagai aktivitas tiap anggota keluarga. Maka dari itu, agar penghuni merasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit, merawat dan membersihkan rumah secara rutin penting dilakukan untuk menciptakan rumah yang sehat.

Menurut organisasi Kesehatan dunia WHO, rumah sehat didefinisikan sebagai konsep dari perumahan yang dapat meningkatkan standar Kesehatan bagi  penghuninya dengan  melibatkan pendekatan sosiologis dan pemeliharaan.


Tim KKN I Undip Desa Slendro menyampaikan materi rumah sehat seperti keselamatan bangunan, kesehatan penghuni, kecukupan minimum luas bangunan, akses air bersih, dan akses sanitasi yang layak sebagai upaya dalam mengatasi penyebaran penyakit. Pemberian materi melalui media presentasi power point dan pembagian poster.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat memahami substansi rumah sehat dan meningkatkan kemampuan dan kemandirian dalam mengatasi masalah rumah.
 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..