Banyak Jajanan Berbahaya, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pencerdasan Jajanan Sehat Anak Sekolah - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Banyak Jajanan Berbahaya, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pencerdasan Jajanan Sehat Anak Sekolah

 


Loetju.idDesa Slendro, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen (25/01/2023) - Mahasiswa Gizi Universitas Diponegoro dan sekaligus mahasiswi KKN Tim 1 Undip Tahun 2023, Agista Sofia (21) melakukan pencerdasan jajanan sehat anak sekolah kepada siswa-siswi kelas 5 SD Negeri 1 Slendro. 

Jajanan sehat adalah segala bentuk jajanan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat terutama anak-anak di sekolah yang bernilai gizi baik bersih dan aman untuk dikonsumsi. Namun, faktanya saat ini semakin beraneka ragamnya jajanan anak sekolah yang mengandung zat adiktif yang dapat mengganggu metabolisme tubuh anak dan menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Berdasarkan penuturan Bapak Tri, Kepala Sekolah SDN 1 Slendro, anak-anak di SDN 1 Slendro belum mengetahui cara untuk membedakan jajanan yang sehat dan jajanan tidak sehat. Oleh karena itu, tujuan dari sosialisasi ini yaitu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak mengenai cara memilih jajanan yang sehat.

Pada kegiatan ini, Agista menjelaskan pengertian dari jajanan sehat itu sendiri apa, manfaat jajanan sehat, cara membedakan jajanan sehat dan tidak sehat, dan tips agar tidak jajan sembarang. Selain itu, juga diselingi dengan edukasi gizi seimbang sesuai pedoman Isi Piringku. 

Kegiatan dilanjutkan dengan edukasi melalui video mengenai jajanan sehat dan cara membaca label kemasan makanan. Diakhir acara, Agista membagikan jajanan berupa susu untuk anak-anak. Tak lupa, Agista juga memberikan poster untuk ditempel di madding sekolah dan di kantin sekolah.
 

Bapak Tri selaku Kepala Sekolah berharap dengan adanya Pencerdasan Jajanan Sehat Anak Sekolah dapat mengedukasi anak-anak untuk pandai memilih jajanan yang sehat dan tidak jajan sembarangan lagi.

“Saya berharap apa yang sudah saya sampaikan dapat diterima dengan baik oleh anak-anak dan pihak sekolah dan dengan adanya edukasi ini dapat meningkatkan derajat Kesehatan dan prestasi belajar anak-anak” ujar Agista terkait harapan dari program yang telah ia berikan.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..