Selain Stand Up 12 Profesi ini Bisa Jadi Jalur Karir Komika - Loetju.id - Media yang Lucu

Senin, 17 Oktober 2022

Selain Stand Up 12 Profesi ini Bisa Jadi Jalur Karir Komika

 



Loetju.id - Salah satu profesi yang sedang naik daun sepuluh tahun terakhir adalah stand up comedian. Sejak kemunculan kompetisi SUCI Kompas tv tahun 2011 lalu para alumni dan pelakunya kini bisa menjadi berbagai hal.

Tak hanya menjadi komika dan melakukan stand up comedy, banyak lho profesi pekerjaan yang bisa dimulai dengan menjadi komika, lewat postingan kita kali berikut kami hadirkan Daftar Profesi Pekerjaan Berawal dari Stand Up Comedian.


a. Content Writer
Komika dengan job banyak seperti Kiky Saputri punya tim penulis atau konten writer untuk berbagai kotenya demikian juga raditya dika.


b. Content Creator
Jika belum dilirik industri tv dan film misalnya jangan putus asa terus saja berkreasi, membuat konten di sosial media twitter, instagram dan TikTok juga bisa mendatangkan cuan dari endorsment.


c. Pengusaha
Jadi pengusaha juga bisa, bikin talent manajemen seperti RD, Hahaha corp, Comika dll atau jualan produk seperti ial kate, bikin cafe, rispo dengan liquid, bikin brand clothing kayak Big Yeng A atau Makicab.


d. Comedy consultant
Sebuah profesi baru yang juga muncul setelah stand up comedya, saat para film maker sadar bahwa untuk adegan-adegan dalam film dengan scene komedi butuh sudut pandang komika untuk menciptakan suasana yang benar-benar diharapkan kena ke penonton, jadi tidak hanya lucu menurut sutradara tapi juga pemirsa.

Arie Kriting, Ardit Erwanda dll adalah contoh komika yang jadi CemedyConsultant.


e. Sutradara
Untuk yang satu ini juga sudah banyak sekali, dimulai dari Raditya Dika, Ernest Praksa, Soleh Solihun, Pandji Pragiwaksono, Benedion dan Acho. 

Filmnya juga gak kaleng-kaleng, ernest, radit dan bene sudah mampu menembus box officedengan 1 juta penonton.


f. Roadman
Membantu komika lain dalam menyiapkan acaranya, mirip manager ya. Banyak sekali komika yang baru membantu yang senior, yang kurang terkenal bantu yang sudah banyak job.


g. Podcaster
Bisa membuat podcast baik sendiri maupun bareng rekan komika yang lain, jika banyak yang mendengar akan ada sponsor yang masuk, banyak kisah sukses podcast besutan komika yang akhirnya dapat kontrak eksklusif dari platform seperti Noice dan Spotify.


h. Host
Baik host acara di channel youtube, tv nasional atau host acara offline, sudah banyak contoh komika yang sukses jadi host diberbagai acara.


i. Program Tv
Acara-acara sketsa banyak sekali yang melibatkan komika saat ini sebagai talent membuat acara lebih segar dan bukan itu-itu saja orangnya, peluangnya sangat besar untuk mendapatkan striping program tv nasional.


j. Musisi
Menjadi penulis lagu dan penyanyi bisa jadi pilihan, Hifdzi dan Dzawin Nur misalnya yang rajin mengeluarkan single karya mereka.


k. Aktor
Tak terhitung aktor yang datang dari komika, beberapa diantaranya bahkan jadi pemeran utama. Sebut saja Raditya Dika, Ge Pamungkas dan Pandji Pragiwaksono. Hari ini nyaris semua film ada unsur aktor dan aktris dari komika.

Bukan hanya film saat ini series yang digarap serius ala korea dan hollywood dan butuh talenta-talenta dari unsur komika.


l. Penulis Skenario Fillm
Bene Dion yang sukses dengan filmnya Ngeri-ngeri Sedap mengawali karisnya sebagai penulis skenario pada film DKI Reborn demikian juga dengan Acho dan Soleh Solihun. keterampilan komika dalammenulis materi stand up bisa jadi modal dalam menulis skenario.



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Daftar 12 Profesi Berawal dari Stand Up Comedy Para Komika jangan Resah, semoga bermanfaat sampai jumpa.



penulis
Nandar


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..