Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Bantu Tingkatkan Kualitas UMKM Melalui Edukasi Pentingnya Peran Logistik - Comedy and Indie

Minggu, 12 Februari 2023

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Bantu Tingkatkan Kualitas UMKM Melalui Edukasi Pentingnya Peran Logistik

 


Loetju.idSragen (31/1/2023). Logistik merupakan hal yang penting dalam kelangsungan suatu bisnis. Begitu pula bisnis kecil atau yang bisa disebut sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jika sektor ini diselamatkan, agenda pemulihan ekonomi nasional pun akan berjalan mulus. 

Hal ini karena kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07 persen yang meliputi 97 persen dari total tenaga kerja serta dapat menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi. Karenanya, dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai pentingnya logistik bagi kelangsungan berjalannya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kurangnya pengetahuan yang cukup mengenai logistik bagi UMKM menjadi salah satu permasalahan di Desa Mlale, Kecamatan jenar, Kabupaten Sragen. Beberapa UMKM di Desa Mlale sudah mulai berkembang tetapi kebanyakan dari pelaku usaha tersebut mempunyai permasalahan yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya logistik bagi usaha mereka.

Kondisi tersebut menjadi landasan terbentuknya program kerja monodisiplin oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro dari Program Studi Manajemen dan Admistrasi Logistik Raihan Winata Jati yaitu “Peningkatan kualitas UMKM dengan pengetahuan akan pentingnya peran Logistik khususnya mengenai supply chain management dalam kelancaran UMKM” sebagai upaya peningkatan kualitas para pelaku bisnis akan pentingnya logistik bagi UMKM. Program ini ditujukan kepada masyarakat Desa Mlale khususnya para pelaku UMKM.


Program tersebut dilaksanakan berupa penyuluhan dan diskusi mengenai pentingnya logistik bagi UMKM yang mencakup materi tentang manajemen persediaan, jasa ekpedisi, dan pengemasan produk yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 31 Januari 2023 dan bertempat di Balai Desa Mlale. 

Dalam pelaksanaan penyuluhan tentang pentingnya logistik bagi UMKM, para peserta penyuluhan dibagikan modul yang berisi tentang pentingnya manajemen persediaan, jasa ekspedisi, dan pengemasan produk dengan harapan materi dalam modul tersebut dapat menjadi pedoman bagi pelaku usaha di Desa Mlale. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Undip ini diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas pelaku UMKM sedang diusahakan oleh pemerintah Desa Mlale Kecamatan Jenar.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..