Cegah dan Kendalikan PTM, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi PTM Pada Lansia di Desa Sigambir - Comedy and Indie

Selasa, 14 Februari 2023

Cegah dan Kendalikan PTM, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi PTM Pada Lansia di Desa Sigambir

 


Loetju.id Brebes—(25/01) Penyakit tidak menular atau PTM dikenal sebagai penyakit kronis yang tidak dapat disebarkan dari seseorang terhadap orang lain. Penyakit tidak menular mempunyai durasi perkembangan yang panjang dan ummnya berkembang lambat. PTM disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat contohnya kurangnya aktivitas fisik, diet yang tidak seimbang, konsumsi alcohol dan juga merokok.

Terdapat empat tipe utama penyakit tidak menular yaitu penyakit kardiovaskuler, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan diabetes. Menurut laporan WHO Kematian akibat penyakit tidak menular sekitar 36 juta penduduk tiap tahunnya. Data Riskesdas 2018 menunjukkan morbiditas penyakit tidak menular mengalami peningkatan atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan data Riskesdas 2013. Penyakit hipertensi mengalami peningkatan yang paling tinggi diantara penyakit tidak menular lainnya yaitu sebelumnya 25,8  % menjadi 34,1%.
 
Berdasarkan wawancara dengan bidan desa Sigambir, diketahui bahwa angka penyakit tidak menular terutama pada lansia tinggi terutama hipertensi dan juga diabetes mellitus tipe 2.  Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip mengajak masyarakat terutama lansia untuk mencegah PTM dengan CERDIK (Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress) dan kendalikan dengan PATUH (Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet dengan gizi seimbang, Upayakan aktivitas fisik dengan aman, serta Hindari asap rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya).
              
Oleh karen itu, Riski Enjelika Pardosi yang merupakan mahasiswa program studi giizi salah satu anggota KKN TIM 1 UNDIP 2022/2023  lakukan kegiatan edukasi mengenai “ Bagaimana cara mencegah dan menanggulangi penyakit tidak menular pada Lansia”, yang  dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Januari 2023 bersamaan dengan posyandu Lansia desa Sigambir. 

Kegiatan ini juga dibantu oleh bidan Desa Sigambir dan kader posyandu lansia. Kegiatan dimulai dengan memberikan penyuluhan mengenai PTM di antaranya pengertian PTM, faktor risiko, pencegahan dan juga penanggulangan PTM. Kemudian diberikan juga leaflet sebagai media penyuluhan dan dapat dibawa pulang ke rumah untuk dibaca kembali dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Leaflet yang diberikan di antaranya mengenai penyakit hipertensi, gout arthritis, dan juga DM tipe 2. Leaflet berisikan pengaturan yang tepat dan sesuai dengan penyakit yang diderita yaitu diet rendah purin pada penyakit gout arthritis, diat DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), dan juga diet DM tipe 2 yang tepat jumlah, tepat jam dan tepat jenis (3J). Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan para peserta mendengarkan dengan baik terkait materi yang disampaikan.


Melalui kegitan ini diharapkan masyarakat Desa Sigambir terutama kelompok lansia lebih waspada terhadap penyakit tidak menular serta lebih memahami penyakit yang dideritanya mulai dari melakukan aktivitas fisik dan menerapkan pengaturan diet yang tepat terutama pada hipertensi, DM Tipe 2, dan gout arthritis.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..