Belum Ada Peta Desa, Mahasiswa KKN Undip Buatkan Peta dan WebGIS Desa Lemahduwur untuk Dukung Digitalisasi Desa - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Belum Ada Peta Desa, Mahasiswa KKN Undip Buatkan Peta dan WebGIS Desa Lemahduwur untuk Dukung Digitalisasi Desa

 


Loetju.id -  Tegal, (11/2/2023) Belum ada peta desa, Mahasiswa KKN TIM 1 Undip buatkan Peta Administrasi Desa dan WebGIS Desa Lemahduwur untuk dukung digitalisasi desa.
Peta administrasi merupakan data teknis yang sangat diperlukan dalam suatu kelurahan atau desa untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah. Peta administrasi juga memuat sarana seperti jalan, batas kelurahan, batas RW dan RT dan lain-lain.

Desa Lemahduwur, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal belum memiliki peta administrasi desa yang lengkap, Desa Lemahduwur baru memiliki peta yang dibuat manual dengan tulis tangan dan sudah lama belum diperbaharui.  

Mengingat pentingnya manfaat peta, yakni dapat digunakan sebagai sarana penyampaian informasi mengenai lokasi suatu daerah, pemerintah setempat meminta bantuan kepada mahasiswa untuk membuatkan Peta Administrasi Desa.

Proses pembuatan peta diawali dengan pengumpulan data shape file (shp) yang dipeoleh dari website Ina-Geoportal, data citra satelit dari ArcGIS Imagery SAS Planet. Dilanjutkan wawancara perangkat desa mengenai batas wilayahn Desa Lemahduwur, survei lapangan dan digitasi on screen menggunakan software ArcGIS. Setelah proses validasi, peta yang telah dibuat kemudian diserahkan kepada desa.
 
Selain peta administrasi desa, mahasiswa Undip juga buatkan WebGIS Peta Desa Lemahduwur. Mahasiswa Teknik Geodesi Undip Faiza Ainia memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) karena SIG memberikan data geografis atau data geospasial yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. 


Masyarakat dapat menggunakan sistem informasi geografis untuk mendapatkan informasi kewilayahan. SIG yang dikembangkan melalui media berbasis internet atau web dikenal sebagai WebGIS. WebGIS digunakan karena dalam penyampaian dan tampilan sistem informasi geografis lebih menarik serta merepresentasikan kondisi sebenarnya.

Pembuatan WebGIS merupakan kelanjutan dari pembuatan Peta Administrasi Desa Lemahduwur. Dari data survei lapangan, wawancara perangkat desa dan digitasi on screen, WebGIS dibuat dengan menggunakan ArcGIS online dan WebApp Builder. Hasil WebGIS berupa website, kemudian link WebGIS diberikan kepada desa, WebGIS ini bisa diakses oleh masyarakat umum. 

Untuk mengakses WebGIS Peta Desa Lemahduwur

Tujuan pelaksanaan program pembuatan peta desa yakni untuk memudahkan desa terkait masalah batas administrasi serta perencanaan pembangunan desa kedepannya. Kemudian program pembuatan WebGIS Peta Administrasi Desa Lemahduwur juga ikut membatu mewujudkan digitalisasi desa yang merupakan program Kemkominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) yakni program Desa Digital.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..